Planet-Planet Di Tata Surya

Setiap planet dalam sistem Tata Surya senantiasa mengorbit Matahari sebagai bintang pusatnya pada lintasannya masing-masing. Karena jarak setiap planet ke Matahari berbeda-beda, maka kala revolusinya berbeda-beda pula. Adanya perbedaan jarak terhadap Matahari mengakibatkan perbedaan suhu pada setiap planet.

A. Karakteristik Planet
Setiap planet dalam sistem Tata Surya mempunyai karakteristik berbeda satu dengan yang lainnya. Karakteristik yang dimiliki suatu planet dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya; antara lain dipengaruhi jarak ke Matahari, eksentrisitas, kerapatan atau densiti. Adapun karakteristik masingmasing planet adalah sebagai berikut:



1. Merkurius
Merupakan planet yang paling dekat ke Matahari dengan jarak 0,39 SA. Karena planet Merkurius jaraknya paling dekat ke Matahari, maka suhu pada siang hari di Merkurius mencapai 4270 °C, sedangkan pada malam hari suhunya menjadi sangat rendah yaitu mencapai –1700 °C. Merkurius mempunyai eksentrisitas yang besar yaitu 0,206 akibatnya jarak antara Merkurius dan Matahari bervariasi dengan cukup besar pula. Perbedaan jarak terjauh ke Matahari (aphelium) dengan jarak terdekat ke Matahari (perihelium) adalah sebesar 22 juta Km. Jarak aphelium planet Merkurius adalah 57,9 juta km. Merkurius tidak memiliki atmosfir oleh karena hal tersebut langit Merkurius berwarna hitam. Kerapatan atau densitasnya 5,43 gr/cm3.
Ciri-Ciri Planet Merkurius
a. Terdekat dengan matahari (± 58 x 106 km)
b. Perrmukaannya mirip dengan bulan
c. Mengelilingi matahari 88 hari sekali (revolusinya)
d. Satu kali berputar rotasinya 59 hari
e. Massanya 0,52 kali massa bumi dan diameternya 4867 km
f. Permukaannya berkepundan akibat tumbukan meteor dan atmosfernya tipis dan tidak memiliki satelit

2. Venus
Planet Venus lebih dikenal sebagai Bintang Kejora atau Bintang Senja. Eksentrisitas planet Venus adalah 0,007, sehingga orbit planet Venus mendekati bentuk lingkaran. Jarak Venus ke Matahari 0,72 SA, sehingga di Venus suhunya sangat panas dapat mencapai 4800 °C. Tingginya suhu di planet Venus diakibatkan adanya efek rumah kaca. Kerapatan atau densitas Venus adalah 5,24 gr/cm3.
Ciri-Ciri Planet Venus
a. Jaraknya 108 x 106 km
b. Planet yang terdekat dengan bumi
c. Bersuhu tinggi
d. Rotasinya 243 hari
e. Massanya 0,815 x bumi dan diameternya 12383 km
f. Disebut bintang timur, atau bintang pagi atau bintang fajar, karena tampak di sebelah timur sebelum matahari terbit.
g. Disabut bintang barat, atau bintang senja atau bintang malam karena tampak di sebelah barat pada sore hari
h. Tidak memiliki satelit

3. Bumi
Sampai saat ini Bumi merupakan satu-satunya planet yang mempunyai kehidupan. Hal tersebut dimungkinkan karena Bumi diselubungi oleh atmosfirnya sehingga perbedaan suhu pada siang dan malam tidak terlalu besar. Bumi mengorbit Matahari sebagai bintang pusatnya dengan eksentrisitas 0,017, sehingga orbitnya hampir membentuk lingkaran. Jarak rata-rata Bumi ke Matahari adalah 1 Satuan Astronomi atau 150 juta kilometer. Kala revolusi Bumi adalah 365,3 hari, sedangkan kala rotasinya adalah 23 jam 56 menit. Kerapatan atau densitas Bumi adalah 5,52 gram/cm3, Bumi merupakan benda terpadat dalam sistem Tata Surya. Bumi mempunyai sebuah satelit yaitu Bulan.
Ciri-Ciri Planet Bumi
a. Jaraknya 150 juta kilometer yang disebut satuan astronomi Angstrom
b. Ada kehidupan
c. Rotasinya 23 jam 56 menit (dibulatkan 24 jam) yang disebut satu hari
d. Massa 5,98 x 1024 kg volumenya 1021 km3, dan massa jenisnya 5,5 x 103 kg/m3
e. Revolusinya 365 hari 6 jam 9 menit 10 detik atau 365,25 hari
f. Memiliki satu satelit yang bernama bulan

4. Mars
Jarak rata-rata planet Mars ke Matahari adalah 1,52 SA atau 228 juta kilometer dengan eksentrisitas 0,093. Mars berputar mengelilingi Matahari dengan kala revolusi 687 hari. Mars mempunyai dua buah satelit yaitu Phobos dan Deimos.
Ciri-Ciri Planet Mars
a. Berdiameter 6803 km (1/2 diameter bumi)
b. Disebut bintang merah karena pada malam har berwarna merah
Tata Surya, Bumi, dan Matahari 4
c. Revolusinya 687 hari
d. Memiliki satelit yang bernama Phobos dan Delmos
e. Rotasinya 24,6 jam
f. Massanya 0,108 x massa bumi
g. Berjarak 228 x 106 km dari matahari
h. Kemungkinan ada air

5.Yupiter
Jarak rata-rata planet Yupiter ke Matahari adalah 5,2 SA. Yupiter mempunyai eksentrisitas 0,048 dengan kala revolusi 11,86 tahun. Yupiter diperkirakan mempunyai 17 satelit (data sampai tahun 1992). Empat buah satelitnya yang berukuran besar bernama IO, Europa, Ganymede, dan Callisto. Yupiter merupakan planet terbesar dalam sistem tata surya; mempunyai kala rotasi 9 jam 50 menit; artinya Yupiter berotasi dengan sangat cepat.
Ciri-Ciri Planet Jupiter
a. Planet terbesar dan berjarak 778 x 106 km
b. Berdiameter 139503 km
c. Kala rotasinya 9,9 jam
d. Kala revolusinya 11,9 tahun
e. Massanya 317,900 x massa bumi
f. Memiliki 16 satelit

6. Saturnus
Jarak rata-rata Saturnus ke Matahari adalah 9,5 SA. Saturnus mempunyai eksentrisitas 0,056 dengan kala revolusi 29,5 tahun. Saturnus dihiasi oleh gelang dan cincin yang indah, mempunyai 9 buah satelit yaitu Mimas, Enceladus, Tethys, Dione, Rhea, Titan, Hyperion, Lapetus, dan Phoebe.
Ciri-Ciri Planet Saturnus
a. Cahaya indah
b. Memiliki cincin
c. Berjarak 1426 x 106 km
d. Kala rotasinya 10,4 jam
e. Kala revolusinya 29,5 tahun
f. Massanya 95,220 x massa bumi
g. Diameternya 120000 km
h. Memiliki 19 satelit

7. Uranus
Jarak rata-rata planet Uranus ke Matahari adalah 19,2 SA. Uranus mempunyai eksentrisitas 0,047 dengan kala revolusi 84 tahun. Uranus mempunyai cincin dan mempunyai 5 buah satelit yaitu Miranda, Ariel, Umbriel, Titania, dan Oberion.
Ciri-Ciri Planet Uranus
a. Bercincin awan
b. Berjarak 2872 x 106 km
c. Berdiameter 49700 km
d. Massanya 14,55 x bumi
e. Kala rotasinya 10 jam 49 menit
f. Kala revolusinya 84 tahun
g. Memiliki 5 satelit

8. Neptunus
Jarak rata-rata planet Neptunus ke Matahari adalah 30,07 SA. Neptunus mempunyai eksentrisitas 0,009 dengan kala revolusi 164,8 tahun. Neptunus mempunyai dua buah satelit yaitu Triton dan Nereid.
Ciri-Ciri Planet Neptunus
a. Sebagai saudara kembar dari Uranus wujudnya
b. Kala rotasinya 15,7 jam
c. Kala revolusinya
d. Massanya 17,320 x bumi
e. Diameternya 53000 km
f. Jaraknya 4490 x 106 km dan memiliki 2 satelit

B. Pengelompokkan Planet
Planet-planet dalam Tata Surya dapat dikelompokkan dengan kriteria tertentu.
• Berdasarkan sifat fisika dan kimianya.
Planet dikelompokkan menjadi planet Terestrial (yang berarti seperti Bumi) dan planet Jovian (yang berarti seperti Jupiter). Planet terestrial adalah planet-planet keras mengandung bebatuan seperti Bumi. Planetplanet yang termasuk planet terestrial adalah Merkurius, Venus, Bumi dan Mars. Sedangkan planet jovian adalah planet-planet yang berbentuk gas seperti Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

• Berdasarkan kedudukan orbitnya terhadap kedudukan orbit Bumi. Berdasarkan kedudukan orbit planet terhadap kedudukan orbit Bumi, planet dikelompokkan menjadi planet inferior dan planet superior. Planet inferior adalah planet-planet yang kedudukan orbitnya antara Matahari dan orbit Bumi. Jarak planet-planet tersebut ke Matahari lebih kecil di banding jarak Bumi ke Matahari. Planet-planet yang termasuk
planet inferior adalah Merkurius dan Venus. Sedangkan planet superior adalah planet-planet yang jaraknya ke Matahari lebih besar dari jarak Bumi ke Matahari. Planet-planet yang termasuk planet superior adalah Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Planet-planet superior dapat terlihat melintas di atas kepala pengamat di malam hari menggunakan teleskop atau dengan mata telanjang. Sementara planet-planet inferior tidak akan pernah melintas di atas kepala pengamat.

• Berdasarkan kedudukan orbitnya terhadap kedudukan orbit asteroid.
Berdasarkan kedudukan orbit planet terhadap kedudukan orbit asteroid, planet dikelompokkan menjadi planet dalam (inner planet) dan planet luar (outter planet). Planet-planet yang termasuk planet dalam adalah Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Sedangkan planet-planet yang termasuk planet luar adalah Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

0 Response to "Planet-Planet Di Tata Surya"

Post a Comment